Berkibarlah Terus Sang Saka


Merdeka ..., Merdeka ..., Merdeka ..... Itulah kalimat seruan yang membuat kita bahagia sampai saat ini. Tetapi tidaklah mudah untuk menyorakkan kata-kata itu, banyak terjadi peristiwa dan kisah-kisah yang tidak dapat dilupakan oleh bangsa Indonesia.

Untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajah tidaklah mudah seperti membalikkan telapak tangan. Tetapi bangsa Indonesia berhasil merebut kemerdekaannya itu. Keberhasilan itu berkat dari semangat Nasionalisme dan Patriotisme dari para pejuang bangsa.

Semangat Nasionalisme itu adalah :

1. Nilai Persatuan : Para pejuang bangsa rela mengorbankan kepentingannya hanya untuk menciptakan persatuan, kesatuan dan keselamatan bangsa dari penjajahan negara lain.

2. Nilai Pengorbanan : Harta, jiwa, nyawa, tenaga yang ada pada dirinya siap untuk dikorbankan demi kepentingan bangsa dan negara.

3. Nilai Kecintaan : Kuatnya semangat pengorbanan dan persatuan para pahlawan dahulu karena didasari oleh rasa cinta yang tinggi terhadap bangsa dan negara Indonesia.

4. Nilai Kebanggaan : Bangsa Indonesia merasa bahwa harkat dan martabat bangsa harus tetap dipertahankan agar senantiasa lestari. Penjajahan dianggap sebagai bentuk penghinaan terhadap bangsa lain, oleh karena itu, penjajahan harus dihapuskan.

Maka dari itu kami pemuda-pemudi bangsa harus mau untuk mengisi kemerdekaan karena perjuangan mengisi kemerdekaan tidak lebih ringan daripada perjuangan merebut kemerdekaan.

0 komentar:

Posting Komentar